Rabu, 23 Juli 2008

Ekonomi Asia akan Melambat Hingga Tahun 2009

Perekonomian negara-negara berkembang Asia akan melambat hingga tahun 2009. Jika pada tahun 2007 Asia bisa mencatat pertumbuhan ekonomi hingga 9%, maka pada tahun 2008 dan 2009 diprediksi hanya mencatat pertumbuhan ekonomi 7,6%.
Perlambatan ekonomi Asia masih dipicu oleh pelemahan perekonomian global, lonjakan harga pangan dan energi yang tajam dan volatilitas di pasar finansial.
Demikian laporan Bank Pembangunan Asia (ADB) tentang Asia Economic Monitor (AEM).
ADB menjelaskan perekonomian Asia masih sangat rentan terhadap lonjakan inflasi yang melebihi ekspektasi. Termasuk juga ancaman dari pelemahan ekonomi AS dan terus berlanjutnya gejolak di pasar finansial.
ADB mengingatkan bahwa kenaikan harga-harga di luar makanan dan energi terus berlangsung di seluruh kawasan Asia. Hal ini memberi sinyal bahwa efek putaran kedua dari kenaikan harga-harga masih terus berlangsung.
ADB memperkirakan inflasi akan naik hingga 6,3%, atau dua kali lipat dari rata-rata inflasi dalam 10 tahun terakhir. Ini berarti akan memberi implikasi yang serius pada rumah tangga di Asia yang membelanjakan lebih dari 50% anggarannya untuk berbelanja makanan dan energi.

"Kenaikan inflasi adalah ancaman yang masih serius di kawasan ini, pertumbuhan yang kuat sebagaimana biaya impor makanan dan bahan bakar mengancam pemicu lonjakan harga sehingga memicu lagi inflasi," ujar Jong-Wha Lee, Kepala Integrasi Ekonomi Regional ADB.

Khusus untuk ASEAN, ADB memperkirakan pertumbuhannya akan mundur 1 persen menjadi 5,5% di tahun 2008. Sementara China juga akan melambat perekonomiannya menjadi 9,9% tahun 2008 dan 9,7% tahun 2009, dari 11,9% di tahun 2007.

sumber:harian global

0 komentar:

About This Blog

  © Blogger template 'Heroes TV Series' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP